Home » , » Kelebihan Lampu Bohlam LED Dibanding Lampu Konvensional

Kelebihan Lampu Bohlam LED Dibanding Lampu Konvensional

Written By Unknown on Friday 17 April 2015 | 06:45

Foto: pooltablelightsguide.com
Lampu bohlam LED kini telah menjadi tren untuk menggantikan lampu bohlam CFL (sering disebut lampu neon) dan lampu pijar atau halogen, walaupun kenyataannya masih banyak masyarakat masih enggan menggunakan lampu bohlam LED karena hanya satu hal yaitu; harga beli lampu bohlam LED lebih mahal daripada lampu CFL dan lampu pijar. Padahal kalau kita bandingkan secara keseluruhan harusnya menggunakan bohlam LED lebih hemat biaya dan energi. 

Makanya berikut di bawah ini adalah sedikit penjelasan tentang beberapa kelebihan bohlam LED dibanding dengan lampu konvensional.

Mengapa Memilih Lampu Bohlam LED?

Lampu LED memiliki efisiensi energi tinggi – Panas yang rendah, lebih terang, hemat biaya. LED menggunakan daya listrik dengan output kecerahan cahaya yang sama, lebih rendah 85% daripada daya listirik yang digunakan lampu pijar dan sekitar 18% lebih rendah daripada lampu CFL. Hal ini tentu cukup berpengaruh pada pengeluaran biaya beban listrik, yang pelanggan bayar pada perusahaan listrik.

Perbandingan energi yang digunakan LED dengan beberapa jenis lampu

 
Lampu LED bertahan lebih lama (awet) - Menjadikannya lebih hemat lagi. Biasanya lampu LED memiliki jangka waktu pakai (lifetime) sekitar 25.000 jam - yang berarti lebih dari 22 tahun jika digunakan 3 jam perhari - atau sekitar lebih dari 5 tahun jika digunakan 12 jam perhari rata-rata di negeri kita-red. Lampu pijar konvensional bertahan berkisar 1.000-2.000 jam dan lampu CFL sekitar 6.000-15.000 jam.

Kesimpulannya, lampu bohlam LED menghemat biaya dalam dua bentuk:
  • Anda akan berhemat tiap tahun berdasarkan daya listrik yang digunakan perlampu lebih sedikit.
  • Karena lampu LED bisa bertahan relatif lebih lama (bisa 20 tahunan), Anda akan menghemat pembelian untuk mengganti lampu.
Di bawah ini adalah contoh tabel ilustrasi perbandingan biaya penggunaan sebuah lampu LED dengan lampu pijar dan CFL yang ketiganya memiliki tingkat kecerahan yang sama.

Ilustrasi perbandingan biaya penggunaan lampu (klik untuk perbesar)

Lampu LED menyala instan - Tidak perlu menunggu beberapa saat hingga lampu menyala penuh. Lampu LED berpindah on-off secara instan dan bebas dari berkedip – Tidak memerlukan waktu pemanasan (warm up) sebagaimana kebanyakan lampu neon CFL.

Lampu LED lebih kuat - Tidak ada tabung kaca. Tidak seperti lampu pijar dan CFL yang memiliki tabung terbuat dari kaca yang rawan pecah jika terjatuh - akibatnya lampu tersebut otomatis sudah rusak tidak bisa menyala - Lampu LED lebih tahan jika sampai terjatuh karena hanya menggunakan tabung dari bahan plastik atau fiber yang apabila retak ataupun pecah sekalipun, lampu LED di dalamnya masih bisa menyala.

Lampu LED bebas dari bahan Merkuri (raksa) - Tidak seperti lampu neon CFL. Bahan Merkuri sedikit digunakan dalam lampu neon CFL yang apabila lampu itu pecah akan agak berbahaya jika di dalam ruangan tertutup karena beresiko bahan merkuri tersebut masuk ke dalam tubuh manusia.

Lampu LED termasuk lampu yang ramah bagi lingkungan (green light) - Menghasilkan cahaya lebih terang dengan energi yang sedikit. Sepanjang waktu pakai lampu LED, hanya menggunakan sedikit daya listrik dan lebih sedikit jumlah penggantian lampu; menyimpan lebih banyak energi dalam transportasi, pengiriman, dan pemeliharaan jika dibandingkan dengan lampu konvensional. Semua hal ini akhirnya bisa mengurangi emisi CO2 di udara, ini adalah situasi yang menguntungkan bagi Anda dan lingkungan. Karena lampu LED sangat efisien, jenis lampu ini adalah produk yang tepat digunakan untuk melengkapi pembangkit energi terbaharukan seperti panel surya untuk pembangkit listrik tenaga surya atau pembangkit listrik tenaga angin.

Lampu LED menyala tidak terlalu panas dan aman. Lampu LED menyala lebih dingin dibandingkan lampu pijar halogen dan bisa mengurangi resiko bahaya. Menggunakan Lampu LED akan membantu sebuah pemanas-pendingin ruangan (AC) berjalan lebih efektif. Ketika lampu menyala lebih dingin, hal ini dapat mengurangi kemungkinan kerusakan fiting, nuansa dan dekorasi lampu, yang bisa terjadi dengan lampu yang panas.

Lampu LED adalah masa depan - Masa depan yang akan cerah. Jutaan dolar telah digunakan untuk riset dan pengembangan untuk membuat produksi lampu LED lebih efisien di masa depan. Dengan daya yang rendah dan memiliki fitur yang banyak, menyebabkan produk ini cukup ideal untuk menghasilkan tipe-tipe baru untuk model lampu seperti lampu LED strip, lampu LED jalan raya, dan lamapu penerangan yang juga telah tersedia saat ini. Produk lampu LED ini juga telah terintegrasi dengan sistem kendali yang dapat dikendalikan secara jarak jauh (remote) dengan menggunakan telepon genggam smartphone dan PC tablet.

Seiring dengan menurunnya harga lampu LED di pasaran, juga semakin efisien dalam penggunaan energi dalam jangka panjang; alasan untuk mengganti lampu konvensional dengan LED saat ini sangat menarik dan menjanjikan. Jadi mulailah dari sekarang kita bersama beralih ke teknologi lampu LED.

Berlanjut ke Tips memilih lampu bohlam LED

(Diolah dari: integral-led.com)
Share this article :

+ comments + 1 comments

29 January 2019 at 15:25

mantap penjelasannya om, apalagi detail banget, salam kenal ya dari kami dan ijin promo ya harga lampu led jalan raya

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HotSpot Murah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger