Home » » Teknologi 3G Offload, WiFi Akan Menjadi Komplementer Koneksi 3G

Teknologi 3G Offload, WiFi Akan Menjadi Komplementer Koneksi 3G

Written By Unknown on Thursday 27 September 2012 | 21:03


KBRN, Jakarta : Teknologi nirkabel atau wireless pada rentang gelombang 2,4 GHz dan 5,8 GHz akan semakin naik daun dengan diliriknya teknologi tersebut untuk menggantikan jaringan 3G pada ponsel untuk berselancar di dunia maya.

Kesimpulan ini disampaikan Manager Sales Regional Australia-Indonesia Function, Tonny Widarma, saat dimintai pendapatnya mengenai perkembangan teknologi nirkabel di Indonesia, dalam peluncuran produk-produk nirkabel Deliberant dan LigoWave di Hotel Le Grandeur, Jakarta, Kamis (7/6).

“Apabila dikemudian hari lebih banyak lagi area yang di-cover oleh 2,4 wifi, sehingga orang dapat menggunakan smartphone untuk browsing tidak perlu menggunakan jaringan 3G lagi. Jadi bisa menggunakan langsung jaringan wifi,” jelas Tonny kepada RRI.

Menurutnya banyak operator ponsel kini mulai beralih memanfaatkan teknologi wifi ini yang diberikan sebagai opsi layanan mereka kepada pelanggannya yang disebut sebagai 3G Offload.

“Untuk orang-orang browsing segala macam, operator justru menginginkan mereka... diminta untuk menggunakan wifi. Seperti Telkomsel, kan dia sudah mulai proyek yang namanya 3G Offload. Dimana user-user yang menggunakan smartphone itu akan dipindahkan menggunakan wifi. Bukan menggunakan 3G lagi.”
“Jadi dimana-mana dia akan membuat coverage dari wifi 2,4, dikarenakan smartphone kita frekuensinya 2,4, jadi nanti kita bisa browsing, bisa Skype dan lain sebagainya dari smartphone kita menggunakan jaringan wifi, bukan dengan 3G lagi,” tambahnya lagi.

Ia menekankan bahwa teknologi wifi pada telepon seluler akan membuat pemanfaatannya menjadi lebih efisien dan lebih murah. Selain itu, bagi operator ponsel, pemanfaatan wifi pada jaringan pelanggan mereka akan menjaga biaya operasional yang lebih efektif. (NGH/HF)

(Editor : Dedi Sudiana)

sumber
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HotSpot Murah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger