Home » » ISP Wakaf Produktif Berbasis Komunitas, Sebuah Impian

ISP Wakaf Produktif Berbasis Komunitas, Sebuah Impian

Written By Unknown on Wednesday 3 October 2012 | 13:28

BTS ISP
Mendengar kata "wakaf" sering teringat bangunan masjid, madrasah atau pesantren, dan pemakaman, wajar karena saat ini terutama di Indonesia yang sering kita lihat bangunan tersebut memang berdiri di atas tanah wakaf. Padahal jika kita melihat sejarah di masa kenabian Muhammad SAW dan penerusnya di negeri-negeri islam masa lalu, pasar pun menjadi wakaf, kebun produktif, dan lain-lain untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu paguyuban hotspot murah mempunyai impian untuk ikut serta dalam kesejahteraan sosial bagi masyarakat luas, khususnya saat ini yang menjadi perhatian adalah kaum dhuafa untuk memperoleh fasilitas sosial yang sama seperti masyarakat lainnya terutama di bidang pendidikan, kesehatan dan kesempatan usaha.

Impian sebuah internet service provider (ISP) pun lahir, sebuah perusahaan jasa penyedia internet berbasis pada komunitas, yang hasil dari keuntungan bersihnya sebagian atau bahkan bisa jadi seluruhnya diperuntukkan untuk membantu kesejahteraan sosial masyarakat terutama bagi kaum dhuafa.

Skenario Awal Usaha

Rencana awal cikal-bakal perusahaan ISP ini akan berbentuk RtRw.net yang berbasis komunitas. Modal awal berasal dari donasi paguyuban Rt/Rw.net yang bersedia membantu pondasi awal. Tahap selanjutnya untuk modal pengembangan usaha, bisa mencoba bekerja sama dengan yayasan atau lembaga zis dan wakaf untuk membantu modal pengembangan usaha bisa dengan sistem profit and loss sharing mudharabah atau syirkah, maupun bisa dalam bentuk hibah dan pinjaman. Hasil keuntungan bersih dari usaha RtRw.net tersebut sebahagian atau seluruhnya disalurkan sedekah wakafnya ke lembaga zis dan wakaf tersebut.

Pengelola usaha ini di awal pembangunan adalah dari tim paguyuban hotspot murah termasuk modal awalnya, yang diharapkan kemudian akan menjalin kerjasama dengan komunitas atau warga sekitar di mana usaha tersebut dibangun untuk mempercepat berjalannya usaha menjadi semakin besar.

Pengembangan Usaha Jangka Panjang

Apabila sudah dirasa perlu maka usaha Rt/Rw.net tersebut bisa bertransformasi menjadi perusahaan ISP yang pada tahap ini pengelolanya bisa sudah berpindah tangan dari paguyuban hotspot murah menjadi perusahaan profesional yang bekerjasama dengan komunitas warga masyarakat dan juga lembaga zis dan wakaf untuk mempromosikan perusahaan ini untuk menjadi ISP wakaf produktif yang terasa manfaatnya bagi masyarakat luas, bukan hanya mendapat akses internet broadband yang murah, namun lebih dari itu untuk membantu menyediakan fasilitas layanan sosial bagi masyarakat seperti fasilitas pendidikan, kesehatan yang terjangkau bahkan bisa saja gratis yang dikelola oleh lembaga-lembaga zis dan wakaf.


Pada akhirnya harapan terbentuknya sebuah ISP Wakaf Produktif ini dapat ikut serta membantu dalam pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat luas pada umumnya dan khususnya bagi kaum dhuafa di lingkungan kita. Kedepannya hal ini semoga bukan sekedar hanya sebatas impian, Insya Allah...
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HotSpot Murah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger