Home » » Range Networks Luncurkan Perangkat OpenBTS Komersial

Range Networks Luncurkan Perangkat OpenBTS Komersial

Written By Unknown on Sunday 20 January 2013 | 15:17

Range Networks adalah perusahaan peralatan selular yang didirikan oleh tim pencipta proyek OpenBTS. Range Networks berniat untuk menjadi perusahaan telekomunikasi yang mendukung penuh perusahaan-perusahan telekomunikasi yang membawa layanan selular untuk digunakan oleh sekitar 2,5 miliar   calon pelanggan seluler di dunia.

Miliaran orang di seluruh India, Afrika dan wilayah lain di dunia tidak memiliki akses ke layanan selular. Industri-industri seperti pertambangan, maritim, dan perminyakan menderita karena infrastruktur komunikasi yang tidak memadai. Pemerintah dan aparat penegak hukum membutuhkan solusi komunikasi yang mudah untuk dibangun dan biaya yang efisien. Solusi jaringan tradisional saat ini tidak bisa memenuhi kebutuhan pasar ini karena harganya yang mahal, rakus daya listrik, dan sulit untuk dibangun. Range Networks menawarkan sebuah solusi yang merubah model infrastruktur selular berdasarkan standar internet protokol dan perangkat lunak open source, dan juga memiliki potensi untuk mengubah industri multi-miliar dolar di depannya.

Selain memasok dan mendukung solusi selular komersial berbasis OpenBTS, Range Networks juga merupakan tempat dari rilis OpenBTS versi publik (berlisensi di bawah AGPLv3), sebuah program alat yang hebat untuk kebutuhan penelitian dan pendidikan pada protokol 2G selular.

Kelebihan Teknologi
Produk yang dibuat Range Networks adalah generasi baru untuk perangkat provider seluler. Produk ini mampu memenuhi kebutuhan BTS seluler yang murah, instalasi yang mudah, layanan jaringan seluler GSM bagi  desa terpencil, penyebaran yang cepat dan bagi kebutuhan jaringan industri seperti di kapal laut, penyulingan minyak dan pertambangan.

Produk ini dapat untuk membangun jaringan baru atau bagian dari jaringan yang telah ada. Setiap produk Range Networks tersebut secara efektif bekerja hanya dalam sebuah kotak boks yang ringkas. Produk OpenBTS ini di buat agar bisa langsung tersambung ke jaringan VoIP. Singkatnya adalah Anda hanya butuh sebuah kotak boks berisi perangkat Range Networks dan sebuah akun VoIP untuk membuat panggilan kemana saja di seluruh dunia.

Dengan menggunakan OpenBTS, diklaim bahwa operator telekomunikasi dapat menyebar jaringan selular hanya 1/10 dari total  biaya sebuah jaringan seluler tradisional. Keuntungan dari teknologi tersebut yaitu:
  • Konsumsi daya yang rendah oleh karena menggunakan perangkat lunak pengendali radio; sebuah BTS hanya mengkonsumsi daya tidak lebih dari satu lampu bohlam (30-60W).
  • Menyederhanakan jaringan, mengganti hirarki seluler turunan SS7 konvensional dengan suatu jaringan homogen berbasis protokol internet seperti SIP dan HTTP/S.
Pendekatan Range Networks berjalan menuju intelejensia ke batas-batas jaringan, menggunakan antarmuka di udara dengan standar 2G atau 3G dan mengganti inti jaringan dengan router-router dan   pemancar yang berkomunikasi sesamanya sebagai satu kesatuan. Model pendekatan ini menghasilkan kompabilitas dengan pasar telepon genggam selular yang luas dengan menyederhanakan operasi-operasi jaringan, mendukung layanan kebutuhan kostumisasi, memperbaiki keandalan dan mengurangi biaya pelatihan.

Secara singkat poin-poin keuntungan teknologi OpenBTS komersial yang dibuat Range Networks sebagai berikut:

Model Produk
Sampai saat ini Range Networks mengeluarkan produk OpenBTS dalam sebuah kotak boks ringkas dengan tiga jenis:

1. Development Kit

Range Networks Development Kit diperuntukkan bagi tujuan pendidikan dan pengembangan. Produk ini dibuat untuk memudahkan percobaan dengan OpenBTS atau mensimulasikan jaringan selular 2G skala kecil. Model ini bisa menjadikan telepon genggam GSM Anda tersambung langsung ke jaringan VoIP. Anda dapat membangun percobaan jaringan dan memulai panggilan telepon kurang dari satu jam.

Development Kit ini menggunakan perangkat lunak OpenBTS versi publik, dengan disertakan kode sumber (source code) berlisensi AGPLv3. Telepon genggam akan muncul sebagai klien SIP di jaringan VOIP. Development Kit dibuat untuk kegunaan laboratorium. Besar fisiknya tidak melebihi netbook, dan juga dapat mudah di tempatkan di mana saja.

Produk Range Networks Development Kit ini dihargai $4.995,00 atau sekitar hampir 50 juta rupiah.

2. 5150 Series
Produk 5150 Series ini dibuat untuk kebutuhan penyebaran komersial mulai dari industri maritim, pertambangan hingga kawasan pariwisata di pulau-pulau terjauh, juga untuk simulasi laboratorium jaringan 2.5G.

Produk 5150 Series hadir dalam empat konfigurasi daya pancar untuk memenuhi kebutuhan yang luas, yaitu: 100mW (profesional labs), 1W (GSM hotspot), 10W dan 50W (layanan publik atau privat dengan jangkauan jauh). Model seri ini bisa berfungsi sebagai jaringan tunggal atau bagian dari suatu multi jaringan. Model ini bisa diatur untuk sanggup melayani 7-35 panggilan simultan (bersama) dengan jangkauan jarak hingga 35 km.

Produk 5150 Series menjalankan perangkat lunak OpenBTS versi komersial (C2.8). Jika dibandingkan dengan OpenBTS versi publik AGPLv3, versi komersial menawarkan fasilitas keamanan, kestabilan yang ditingkatkan, dan fitur-fitur fungsi tambahan yang telah diujicobakan untuk memenuhi standar spesifikasi GSM.

3. Snap Network
Model Snap Network memiliki fitur-fitur BTS mini siap-pakai dengan sebuah tiang monopole yang mudah diinstalasi dan mampu menyebarkan jaringan selular secara cepat di kondisi geografis yang sulit dicapai dan untuk skenario tanggap darurat. Anda dapat membuat jaringan dan mulai melakukan panggilan dalam waktu kurang dari satu jam melalui jaringan IP backhaul manapun, termasuk WiFi, BGAN atau VSAT.

Menggunakan daya listrik rendah dan fisik yang ringan, stasiun OpenBTS ini sangat portabel yang mana mudah dibawa-bawa hingga ke puncak bukit di mana Anda berada.

Paket Snap Network termasuk di dalamnya sebuah tiang monopole kecil yang kokoh, power supply, antena pemancar, dan kabel koaksial. Perangkat BTS lainnya berada di tempat aman dalam boks tahan cuaca.

Untuk mengetahui harga dua model terakhir diatas Anda mesti menghubungi langsung pihak Range Networks.

sumber
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HotSpot Murah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger