Home » , » mFi, Perangkat Pintar Berbasis IP Untuk Otomatisasi Sistem

mFi, Perangkat Pintar Berbasis IP Untuk Otomatisasi Sistem

Written By Unknown on Friday 9 November 2012 | 15:59

Ubiquiti Networks, sebuah perusahaan pembuat peralatan jaringan wireless dari wilayah Amerika Utara meluncurkan produk baru yang diberi kode nama "mFi". mFi bertemakan "Machine to Machine Communications Reinvented" atau bisa diterjemahkan sebagai komunikasi antar mesin yang terbaharui,  artinya dengan sistem mFi komunikasi mesin-mesin yang membentuk suatu otomatisasi sistem secara tradisional (mekanik-elektronik) kini telah berinovasi dengan menggabungkan sistem digital berbasis internet protokol atau jaringan internet ke dalamnya.


Dengan menggunakan basis internet protokol dalam perangkat mFi ini ada beberapa fitur yang merupakan kelebihan atau kemudahan menurut perusahaan pembuat perangkat pintar mFi ini, yaitu:

Instalasi Plug and Play
Menggunakan kabel ethernet standar untuk menyambung mesin-mesin atau sensor-sensor. Menggunakan Wi-Fi untuk menyambung titik-titik mFi secara mulus ke dalam jaringan IP pengguna. Dengan skalabilitas perangkat yang tak terbatas.

Fungsi dan Kemampuan Tangguh
Menciptakan sebuah hubungan yang tangguh diantara peralatan sensor, mesin, kendali listrik. Secara  instan mampu membuat analisa yang kuat, bahkan untuk laporan dan membuat penjadwalan sistem.

Teknologi Cloud dan  Dukungan Mobile
Mengakses jaringan mFi yang banyak dari lokasi mana saja secara remote menggunakan sebuah web browser. Perangkat-perangkat baru secara instan dapat dikenali dan diatur dalam sistem cloud.

Pengalaman Pengguna Tingkat Lanjut 
Dari pendeteksian otomatis dari mesin-mesin hingga intuisi dan penciptaan perintah-perintah yang tangguh, perangkat lunak mFi controller mengubah sebuah jaringan mesin menjadi sebuah model simfoni yang terotomatisasi.

Produk Perangkat Keras

mPort™
Ada dua produk mPort yang tersedia untuk menyambung perangkat-perangkat ke jaringan mFi. Produk mPort model pertama ini memiliki dua slot konektor mFi RJ45 dan sebuah blok terminal konektor. Model kedua, mPort Serial tersedia fitur konektor RS232/422/485 untuk penyambungan serial lewat serial port DB9 standar atau sebuah blok terminal konektor. Kedua model mPort tersebut telah memiliki WiFi built-in dan ethernet untuk menyambung ke jaringan IP.

mSensor™
Produk Ubiquiti menawarkan sensor-sensor yang bervariasi jenisnya untuk disambungkan dengan produk mPort dan jaringan mFi. Sensor-sensor ini disambung ke mPort menggunakan kabel standar RJ45, kecuali untuk jenis sensor mFi-DS, yang disambung menggunakan blok terminal konektor.
• mFi-MSW – Sensor Gerakan Versi Dinding
• mFi-MSC – Sensor Gerakan Versi Langit-langit
• mFi-THS – Sensor Temperatur
• mFi-CS – Sensor Arus Listrik
• mFi-DS – Sensor Pintu

mPower™
Ada tiga model mPower yang tersedia. Seluruh model tersebut saling independen, memiliki port listrik AC yang berfungsi saklar dan memonitor daya yang bekerja. mPower juga dibenamkan WiFi di dalamnya.
• mPower Mini – 1-Port keluaran listrik
• mPower – 3-Port keluaran listrik
• mPower Pro – 8-Port keluaran listrik

Perangkat Keras mFi
Perangkat Lunak mFi Controller

Perangkat lunak mFi controller dibuat untuk bekerja dengan produk Ubiquiti mFi itu sendiri dan juga perangkat lain pihak ketiga. Antarmuka perangkat lunak mFi ini dibangun berdasar perangkat lunak Ubiquiti yang telah lebih dulu popular dan mudah digunakan yaitu antarmuka perangkat lunak UniFi™. Perangkat lunak mFi controller ini mengijinkan Anda untuk mengatur perangkat mPort, mPower, mSensor, dan perangkat lain buatan pihak ketiga selain Ubiquiti Networks melalui web browser.

Fitur-fitur


Pendeteksi Otomatis Mesin
Perangkat lunak mFi controller akan mendeteksi otomatis dan mengatur perangkat-perangkat mFi dan menyambungkan mesin-mesin ke dalam jaringan.

Analisa Tingkat Lanjut Yang Tangguh
Penggambaran dengan grafik yang ditentukan pandangan pengguna menghadirkan sebuah analisa yang dalam dari situasi di jaringan mesin.


Kejadian dan Peringatan
Pengguna menentukan sebuah rekaman kejadian dan peringatan untuk memberi umpan balik (feedback) kepada aktivitas jaringan mesin.

Kemampuan Remote Control
Kendali secara remote sumber listrik dan fungsionalitas yang ada di jaringan mesin.


Dukungan Remote Terminal
Jendela perintah terminal mendukung skalabilitas jaringan mesin yang tak terbatas melalui sebuah antarmuka.


Pembuatan Aturan Tingkat Lanjut
Ciptakan hubungan yang tangguh dan otomatisasi di dalam jaringan Anda dengan kebebasan yang lengkap. 

Harga model-model perangkat mFi relatif murah berkisar di bawah $100, namun sepertinya belum masuk ke pasar Indonesia karena kehadiran produk mFi baru ada di pertengahan tahun 2012 ini. Dengan munculnya perangkat pintar berbasis IP, Anda bisa membangun sebuah sistem "Rumah Cerdas" atau untuk kebutuhan otomatisasi di kantor.

Untuk melihat gambaran singkat bagaimana sistem mFi ini bekerja bisa melihat video advertorial dari Ubiquiti Networks beserta video demo singkat aplikasi mFi di kantor seperti berikut di bawah.



Demo mFi untuk penggunaan di kantor.



sumber
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HotSpot Murah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger