Home » » Karavan Dagang Techno Impian

Karavan Dagang Techno Impian

Written By Unknown on Friday 7 September 2012 | 07:00



Berkembangnya teknologi internet dan wireless yang kian pesat telah merevolusi kehidupan manusia dalam berbagai aspek, salah satunya dalam bidang bisnis, muncul istilah bisnis online dalam berbagai bentuknya. Wireless internet di satu sisi merupakan pilihan terbaru yang memiliki kelebihan dibanding dengan media kabel. Dengan koneksi wireless yang semakin berkembang lewat teknologi WiFi, 3G Selular, WiMAX akan semakin membuat orang mudah mengakses internet di mana saja selama dalam jangkau coverage layanan.

Melihat hal itu, saya melihat peluang dalam bidang bisnis khususnya yang berhubungan dengan melapak di pasar-pasar, bazar atau kawasan tertentu seperti sekolah dan kampus.

Dengan menggabungkan beberapa tekonologi dan kepentingan bisnis di dalamnya, saya memiliki rancangan untuk sebuah model bisnis di gerbang era teknologi 4G.

Saya melihat beberapa tahun ke depan, khususnya di Indonesia akan makin marak pasar-pasar atau bazar-bazar terbuka yang bebas pajak dan sewa dengan adanya komunitas pedagang atau pengguna dinar-dirham yang giat untuk mensosialisasikan wakaf pasar terbuka untuk perdagangan bebas sesuai syariat Islam.

Dengan adanya pasar-pasar terbuka seperti pasar-pasar kaget atau di kawasan ramai tertentu seperti sekolah dan kampus, para pedagang keliling adalah peluang yang besar. Pedagang keliling juga memerlukan alat transportasi yang cepat agar bisa berpindah mudah dari satu tempat ke tempat yang lain. Atas dasar latar belakang ini, ada keinginan saya untuk mencoba mulai mengintegrasikan teknologi internet wireless dengan alat transportasi bisnis, dalam hal ini adalah kendaraan minibus atau karavan yang dilengkapi oleh fasilitas infratruktur telekomunikasi-internet.

Secara sederhana gambarnya seperti ini.

3G Router berfungsi sebagai alat sharing internet

Sistem yang ingin dibangun adalah dimana kita memiliki sebuah karavan dagang atau bisa juga kafe keliling dengan fasilitas hotspot. Kelemahan model di atas adalah apabila sumber listrik tidak ada atau baterai portable habis saat kendaraan berhenti, oleh karena itu untuk kafe keliling ini butuh rancang bangun yang lebih baik seperti di bawah ini.

Rancang bangun Karavan Dagang Techno Impian

"Mobile Hotspot" berguna untuk berbagai keperluan untuk bisnis maupun komunitas sosial

Dimana server AC/DC bisa berfungsi sebagai server hotspot untuk kafe makanan/minuman keliling dengan fasilitas hotspot. Koneksi internet terhubung dengan provider 3G atau 4G, namun untuk kebutuhan bandwdith yang besar dan stabil kita bisa menggunakan fasilitas VPN jika kita telah memiliki jaringan VPN tersebut untuk fasilitas internet, sharing data, dan juga bisa untuk telepon VoIP. Perangkat GPS juga bisa ditambahkan supaya pengelola atau manajer bisnis di kantor pusat bisa memantau karavan-karavan dagang di lapangan.

Sedangkan untuk sumber listrik pada saat kendaraan mulai berhenti untuk melapak atau membuka kafe, sumber listrik berasal dari sistem panel surya yang dilengkapi dengan baterai penyimpan.

Diagram sumber listrik sistem tenaga surya untuk Karavan Dagang/ Kafe Keliling
Hasil akhirnya sumber listrik akan tersedia selama karavan dagang atau kafe keliling beroperasi seharian atau hingga beberapa hari kemudian.


Inilah sebuah peluang bisnis di masa depan di mana teknologi wireless internet berpadu dengan bisnis offline yang mobile.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HotSpot Murah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger