Home » , » Membangun Rt/Rw.VoIP - Jaringan Sentral Telepon VoIP WiFi (2)

Membangun Rt/Rw.VoIP - Jaringan Sentral Telepon VoIP WiFi (2)

Written By Unknown on Wednesday 5 September 2012 | 17:27


Setelah server briker sudah kita bangun dan jaringan LAN sudah terhubung, maka kita bisa memperluas coverage jaringan telepon VoIP dengan menggunakan perangkat WiFi AP 2.4 Ghz sebagai pemancar sinyal radio untuk telepon VoIP WLAN.

Yang dibutuhkan untuk memperluas coverage sekitar 500m hingga 1 km atau seluas wilayah Rt/Rw atau sekelurahan adalah sebuah AP WiFi, antena omni directional, kabel pigtail (jika dibutuhkan), tiang bambu, besi atau tower dengan tinggi sekitar 10m dari tanah. Ketinggian tiang dari tanah juga bergantung dari topografi kawasan atau bangunan di sekelilingnya, paling tidak tiang untuk pemancar lebih tinggi dari rata-rata bangunan sekitarnya.

Contoh Radio AP WiFi, antena Omni directional dan kabel LAN untuk terhubung ke switch
Rt/Rw.VoIP dengan modal secukupnya

Topologi jaringannya adalah server VoIP briker dan radio AP WiFi terhubung ke hub-switch. Jika ada pc operator atau klien dengan LAN juga terhubung langsung ke hub-switch, sedangkan klien WLAN memerlukan tambahan radio AP WiFi penerima yang terhubung ke PC,  notebook atau cukup sebuah HP WiFi VoIP atau HP Selular dengan fasilitas WIFi dan VoIP untuk berkomunikasi.



Radio AP WiFi di klien dihubungkan dengan PC atau notebook jika sinyal wifi di notebook kurang bagus


Telepon VoIP kabel atau Wireless untuk di klien tanpa perlu PC/notebook


HP Selular dengan WiFi dan aplikasi VoIP bisa juga digunakan di klien


Pada tahap ini kita sudah selesai membangun Rt/Rw.VoIP dengan jaringan lokal LAN/WLAN sehingga antar klien dalam jaringan ini sudah bisa menelepon gratis tanpa biaya pulsa apapun maupun biaya berlangganan internet.

Tahap selanjutnya jika kita ingin terhubung dengan server VoIP lain dari internet atau nomor PSTN (telepon rumah) maupun Selular GSM-CDMA maka kita memerlukan jaringan internet atau perangkat tambahan lainnnya.

sumber foto: dari berbagai sumber di internet


Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HotSpot Murah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger