Home » » LiFi, Standar Teknologi Nirkabel Terbaru Dengan Cahaya

LiFi, Standar Teknologi Nirkabel Terbaru Dengan Cahaya

Written By Unknown on Thursday 18 October 2012 | 06:31

Teknologi Light Fidelity atau Li-Fi merupakan sebuah paradigma baru untuk teknologi nirkabel dengan  cahaya (wireless optic) untuk menyediakan konektivitas yang belum ada sebelumnya dalam lingkungan data-sentris terlokalisasi. Meningkatnya permintaan untuk bandwidth yang lebih tinggi, lebih cepat dan transmisi data yang lebih aman sebaik lingkungan dan tidak diragukan lagi teknologi yang ramah bagi manusia mengabarkan sebuah awal dari perubahan besar dalam teknologi nirkabel, pergeseran dari RF (gelombang radio) ke teknologi optik (cahaya).

Konsorsium Li-Fi
Teknologi Li-Fi saat ini dikembangkan oleh sebuah kelompok konsorsium yang baru terbentuk pada tahun 2011. Konsorsium Li-Fi adalah sebuah organisasi non-profit, yang ditujukan untuk memperkenalkan teknologi nirkabel optik. Anggota konsorsium Li-Fi adalah kelompok perusahaan teknologi internasional terkemuka dan lembaga penelitian di bidang teknologi komunikasi optik. Konsorsium ini didasarkan pada konsep yang dikembangkan secara kolektif dan menulis roadmap untuk membangun teknologi nirkabel baru di pasar, yang melebihi kemampuan dan kualitas teknologi radio nirkabel.

Roadmap Li-Fi
Dalam lingkup lokal Li-Fi beberapa layanan berbasis data yang didukung melalui sistem komunikasi yang heterogen. Dalam pendekatan awal, Konsorsium Li-Fi mendefinisikan berbagai jenis teknologi untuk memberikan aman, handal dan kecepatan ultra-tinggi antarmuka komunikasi nirkabel. Mereka adalah:

- Teknologi Gigaspeed (kecepatan gigabits)
- Teknologi Mobilitas Optik
- Fitur-fitur di lingkungan Li-Fi

Teknologi Kecepatan Gigabits
Li-Fi menawarkan teknologi data transfer nirkabel tercepat dari yang ada. Solusi saat ini meliputi tingkat transmisi efektif hingga 10 Gb/s, memungkinkan sebuah film HDTV berdurasi 2 jam yang akan ditransfer dalam waktu kurang dari 30 detik. Berkas (file) yang lebih kecil mampu ditransfer instan.


Teknologi kecepatan tinggi ini dapat diperpanjang hingga 100 Gbit /s dalam versi mendatang.





Teknologi Mobilitas Optik
Konsep mobilitas LiFi didasarkan pada keadaan dari seni teknologi chip optik penerima. Perangkat mobile tidak tergantung pada sebuah koneksi LOS (line of sight atau tanpa terhalang) antara perangkat mobile dan router optik. Chip penerima optik baru akan mampu untuk membaca sinyal pantulan, juga sinyal yang sangat lemah. Adalah jangkauan dinamis yang besar sebagai dasar dari teknologi mobilitas ini.

Oleh karena itu, sebuah ruangan hanya membutuhkan satu atau beberapa titik komunikasi untuk menghubungkan perangkat mobile ke jaringan optik. Ini membuka untuk pendekatan yang sama sekali baru dalam komunikasi mobile optik, memungkinkan pelaksanaan fitur tambahan ke jaringan lokal optik.

Beberapa aplikasi yang bisa diterapkan untuk teknologi mobilitas optik adalah mobile gadget optik, usb storage optik, router optik berkecepatan gigabits, konektor transfer data antar ruangan, dan LiFi cloud (teknologi awan).

Fitur penuh LiFi cloud lokal
LiFi Untuk Lingkungan
Ada beberapa konsep teknologi LiFi yang bersahabat untuk lingkungan di sekitar kita yang ditawarkan, yaitu untuk aplikasi radiasi RF yang aman bagi mobile gadget, sinergi multi kanal teknologi radio dan optik (fitur seamless), fitur untuk sensor keamanan, pengendali lampu ruangan, dan fitur rumah pintar (pengendali otomatis peralatan di rumah).

rumah pintar lifi
Smart Home Features
Sebuah video demo sederhana aplikasi teknologi LiFi bisa dilihat di sini:


sumber

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HotSpot Murah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger