Home » , , » Rumah Pintar Mudah Dengan Perintah Suara Menggunakan Google Assistant dan Sonoff

Rumah Pintar Mudah Dengan Perintah Suara Menggunakan Google Assistant dan Sonoff

Written By Unknown on Sunday 22 July 2018 | 17:22

Sekarang dengan gaya hidup modern yang didukung dengan teknologi smartphone, kebutuhan apa saja bisa dibilang Anda dapat melakukannya lewat gadget yang Anda miliki. Ya bukan hanya sekedar bermedsos ria, belanja, tapi untuk mengendalikan peralatan listrik Anda di rumah sendiri, kini juga menjadi suatu gaya hidup baru. Dengan adanya Aplikasi Google yang didukung Voice Command Assistant Anda dapaty memerintahkan samrtphone Anda untuk melakukan sesuatu, termasuk mengendalikan pernagkat listrik di rumah Anda. Selain Google Assistant Anda perlu menggunakan microcontroller pintar seperti arduino dan sejenisnya, namun kini sudah ada alternatif mudah yang Anda tidak perlu pusing menulis script perintah maupun meng-compilenya. Dengan menggunakan Sonoff Smart WiFi Switch Anda sudah cukup untuk mencoba membangun sebuah sistem smart home atau Rumah Pintar yang ringkas. Sebenarnya masih banyak produk-produk merk lain, namun untuk sonoff harganya memang lebih miring dipasaran namun sudah cukup baik performanya untuk aplikasi sederhana untuk tutorial singkat ini

Tipe perangkat Sonoff (sumber aliexpress)
Sesuai namanya Sonoff adalah saklar elektronik yang dapat dikendalikan jarak jauh lewat media nirkabel WiFi 2.4 Ghz, sebagian model yang lain bisa lewat frekuensi 433 Mhz. Anda tinggal menginstalasi aplikasi "eWelink" di smartphone Anda untuk mengendalikan saklar sonoff tersebut.

Tipe atau model smart switch sonoff beraneka ragam mulai switch listrik AC biasa tanpa socket stop kontak, hingga tipe din rail untuk relay pusat atau switch lampu yang tertempel di dinding. Untuk memudahkan tutorial singkat ini, kita menggunakan contoh tipe sonoff S20 (lihat gambar) yang berbentuk fisik 1 stop kontak listrik dengan tipe socket EU (Eropa) karena tidak perlu merangkai kabel lagi ke perangkat atau peralatan listrik yang akan dikendalikan.

Saklar Sonoff S20 cukup Anda pasang di stop kontak listrik ac 110 atau 220 manapun untuk peralatan apapun dengan kemampuan maksimal 2200W 10A. Untuk kali pertama Anda perlu menginstal aplikasi ewelink di Android atau Ios smartphone Anda. Setelah mendaftar dengan no hp anda, anda perlu login ke dalam aplikasi setelah itu anda perlu klik tombol (+) di layar aplikasi paling bawah. Setelah itu Anda akan dipandu untuk menyambung ke perangkat sonoff yang aktif (dalam hal ini S20) dengan WiFi yang tersambung ke router/ modem wireless. Perlu dicatat agar sonoff bisa bekerja Anda harus memiliki jaringan internet WiFi dengan router wireless karena perangkat sonoff ini memerlukan koneksi WiFi untuk menyambung ke jaringan. Untuk lebih detail langkah-langkahnya Anda masuk ke link eWelink Introduction.
Tampilan awal masuk (register)
Saat akan pairing ke perangkat sonoff

Setelah proses register dan koneksi perangkat sonoff selesai sekarang Anda sudah bisa mengendalikan, membuat jadwal on-off selama 24 jam nonstop otomatis ke perangkat saklar wifi sonoff lewat smarphone Anda dengan jaringan WLAN maupun jaringan seluler 3G/4G selama perangkat sonoff di tempat Anda tetap tersambung ke internet melalui router/ modem WiFi ke provider internet.

Setelah langkah ini selesai barulah Anda berlanjut ke langkah berikutnya yaitu menggunakan perintah suara dengan Aplikasi google home dan google assistant di smartphone Anda. Gmabar Di samping kiri ini adalah contoh yang penulis gunakan untuk mengendalikan pompa air on dan off lewat aplikasi ewelink. Setelah menginstalasi aplikasi google home anda perlu mengkonfigurasi google Anda agar bisa menyambungkan google assitant Anda ke aplikasi ewelink. sehingga jika perintah suara dikeluarkan ke google assistant google akan merespon melalui aplikasi ewelink sehingga akan mengendalikan perangkat sonoff tersebut.

Untuk mengkonfigurasi aplikasi ewelink ke google home assistan masuk ke setting google, ke menu setelang (setting) lalu menu assistant google (setting kembali) lalu di dalam menu konfigurasi assistant google pilih menu di bawah menu prangkat (telepon) akan ada menu "home control (kontrol rumah). Setelah masuk lalu klik tombol tanda (+) untuk menambahkan perangkat. Tekan lalu akan muncul menu baru untuk memilih produk atau merk perangkat yang akan ditambahkan, karena tutorial ini memakai sonoff maka pilih produk "Smart We Link". Untuk lebih jelasnya coba lihat gambar di bawah ini.

Setting ewelink di google

Nama label sonoff
Setelah anda memilih Smart We Link Anda akan kembali mengisi login ewelink seperti di gambar yang pada awal-awal login ke ewelink. setelah masuk perangkat sonoff yang sudah ada di aplikasi ewelink akan terdeteksi otomatis di google home control, Anda bisa mengganti label nama perangkat dan ruangan di mana perangkat sonoff tersebut berada, untuk memudahkan pelabelan. Contoh di samping menggunakan label pompa air karena memang untuk mengatur saklar pompa air.

Setelah semua sudah diberi nama label, maka Anda tinggal menguji dengan perintah suara ke google assistant, direkomendasikan bahasa deafult Inggris walaupun bisa juga mengunakan Bahasa lokal (Indonesia), karena perintahnya menggunakan kata "on" dan "off".

Berikut adalah contoh menggunakan perintah di google assistant (lihat gambar di bawah), jika berhasil google assistant akan memberi respon kalaupun gagal, dia juga akan memberikan keterangan juga.

Memberi perintah google assistant ke perangkat sonoff smart switch

 Baik kurang lebih seperti itulah memanfaatkan perintah suara google assistant untuk mengendalikan perangkat smart switch yang mengaktifkan atau menonaktifkan peralatan listrik di rumah Anda. Di bawah ini ada video contoh penggunaan google assistant untukperangkat sonoff smart WiFi switch. Selamat Mencoba.




Share this article :

+ comments + 1 comments

28 November 2018 at 18:51

Mohon pencerahannya kak, saya sudah mengikuti cara diatas namun
Saya belum berhasil mengaktifkan device melalui google asisstant.
Apakah saya harus memiliki perangkat google home?
Apakah bahasa perintah berpengaruh?

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HotSpot Murah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger