Home » » Solar Panel Untuk Merakit Tas Power Bank Tenaga Surya

Solar Panel Untuk Merakit Tas Power Bank Tenaga Surya

Written By Unknown on Monday 11 December 2017 | 04:40

Tas Panel Surya (Gambar: karit.ru)
   Hai! Jumpa lagi semua, kali ini penulis mencoba memaparkan sebuah ide sederhana lagi dan mudah dipraktekkan untuk aplikasi dari panel surya, yang sebelumnya juga pernah ditulis untuk aplikasi sederhana power bank surya. Sebenarnya ini bukan ide baru karena di luar negeri sudah memproduksinya, apa itu? Ya kali kita coba untuk mengulas secara singkat bagaimana memanfaatkan solar panel atau panel surya untuk membuat "Tas Power Bank Tenaga Matahari".

   Ide ini sebenarnya sederhana dan tidak berbeda jauh dengan tutorial sebelum ini yaitu merakit power bank tenaga surya, hanya saja media yang kita pasang panel surya ini adalah tas yang biasa kita bawa kemana-kemana selama beraktifitas, khususnya bagi mereka yang beraktivitas di luar ruangan yang biasa menggunakan tas ransel. Tentu saja kalau kita menginginkan cara cepat dan mudah, kita tinggal membeli langsung produk jadi tas panel surya, namun kitapun bisa juga "menyulap" tas yang sudah kita miliki menjadi tas panel surya ataupun tas power bank tenaga surya. Kita bisa menghemat biaya yang lumayan dibanding membeli tas panel surya, tapi itu semua adalah pilihan. Maka yang penulis paparkan di sini adalah jika kita mau berkreasi sendiri mengubah tas biasa yang sudah kita miliki menjadi tas power bank tenaga surya.

Paling tidak ada beberapa kebutuhan material untuk mewujudkannya, tentunya selain tas itu sendiri, yaitu:

1. Solar Panel Mini Dengan Daya maksimal 10 Watt
Panel surya mini 6W (kiri) dan 5W (kanan)
   Kenapa ukuran hanya dibatasi 10W? Ini lebih karena melihat ukuran umumnya tas-tas ransel maupun tas selempang, jadi panel surya 10W ukurannya sudah cukup menyesuaikan dengan ukuran tas di pasaran, walaupun tidak masalah juga jika Anda menginginkan daya yang lebih besar asal sesuai dengan bentuk fisik tas yang Anda miliki.

   Panel surya mini ini bisa terdiri atas satu panel ukuran langsung 10W maupun lebih dari satu panel dengan cara di sambung seri atau pararel dengan tegangan output yang disarankan antara 5-6V, walaupun di atas itu tidak masalah hanya saja karena pada ulasan ini kita ingin menghasilkan tas power bank maka umumnya power bank memerlukan tegangan input 5V.

2. USB Charger Output 5V 
  Modul usb ini berfungsi untuk menjadi charger langsung ke perangkat telepon seluler maupun gadget Anda. Sebenarnya ini pilihan, jika Anda menggunakan panel surya dengan tegangan outputnya 6V hingga 18V maka Anda membutuhkan solar regulator USB step down ke 5V. Namun jika Anda memilih panel surya dengan output tegangan 5V, maka Anda bisa menggunakan USB output atau tidak sama sekali. 

   Jika Anda memilih tidak menggunakan output USB karena panel surya sudah memiliki output 5V maka Anda perlu menambah modul kit charger ke baterai Lithium untuk menyimpan daya. Ini seperti di tulisan yang lalu tentang merakit power bank tenaga surya.

3. Modul Kit Power Bank Biasa Atau Power Bank Tenaga Surya
   Modul kit power bank ini bisa berupa power bank yang sudah jadi atau berupa modul kit power bank rakitan. Bisa power bank biasa maupun power bank tenaga surya plus dengan baterai lithiumnya jika masih dalam bentuk modul kit rakitan.
Modul kit power bank tenaga surya rakitan pabrik
   Power bank ini tentu saja berfungsi untuk menyimpan daya dari panel surya. Jika Anda menggunakan power bank model biasa maka dari output panel surya Anda mesti memasang USB output 5V agar bisa mengisi ulang baterai power bank lewat port micro usb pada kit power bank tersebut.

Modul sirkuit power bank tenaga surya




   Setelah Anda memiliki tiga komponen utama untuk membuat tas Anda menjadi tas power bank surya, maka kini Anda sudah siap untuk mencobanya.

   Ada dua cara untuk menyulap tas Anda menjadi tas power bank surya, pertama dengan cara yang mudah dan cepat, yang kedua dengan cara mengoprek tas Anda alias perlu merubah sedikit fisik dari tas Anda untuk memasang panel surya dan power bank di tas Anda.

Tas Solar Charger Ringkas
Panel surya dengan output USB 5V (sumber aliexpress.com)
   Cara pertama untuk merubah tas Anda menjadi tas power bank surya, adalah Anda tidak perlu merubah fisik dari tas Anda, cukup Anda menggunakan panel surya mini dengan output USB 5V digantung di tas kemudian disambung dengan kabel usb to micro usb ke power bank Anda di dalam tas. Panel surya ini berfungsi sebagai solar charger biasa. Jadi bisa langsung disambung ke ponsel maupun gadget Anda yang lain dan tidak harus lewat power bank yang berada di dalam tas tersebut.

Merakit Tas Anda Menjadi Tas Power Bank Surya
(gambar: pinterest.com)
   Ini adalah cara ke dua untuk mengoprek tas Anda menjadi tas power bank tenaga surya. Untuk cara ini dibutuhkan ketelitian dan beberapa peralatan untuk mengoprek atau merubah fisik tas Anda agar bisa dipasang panel surya maupun modul kit power bank surya di dalam tas tersebut.

Rangkain atau modul kit yang dipakai adalah dengan menggunakan kit power bank surya yang ada di power bank surya rakitan pabrik seperti gambar di paragraf atas, maupun dengan menggunakan rangkaian kit sederhana power bank tenaga surya dari tulisan yang lalu.


Rangkaian sederhana power bank surya
 Jika Anda menggunakan rangkaian kit sederhana seperti gambar di atas ini Anda memerlukan tambahan casing sendiri agar modul power bank bisa dipasang di dalam tas, namun jika Anda menggunakan power bank surya rakitan pabrik Anda tidak perlu memerlukan casing tambahan, Anda hanya perlu mengganti panel surya mini di power bank surya tersebut yang biasanya daya wattnya kecil hanya 1 watt dengan daya yang lebih besar hingga 10 watt, dengan menggunakan satu panel ukuran langsung 10 watt maupun beberapa panel surya yang ukuran kecil digabung secara paralel dengan tegangan output 5-5,5V dan daya total hingga 10 watt.
Powerbank surya rakitan pabrik (kiri) dan panel surya 6W (kanan)
Setelah siap semua, selanjutnya Anda perlu menyiapkan beberapa peralatan untuk mengoprek tas Anda alias mengoyak-oyak fisik tas Anda. Beberapa peralatan yang dibutuhkan adalah gunting, cutter, lem yang kuat untuk bahan tas, kabel dc kecil, double tape yang kuat, solder, dan peralatan lainnya yang mungkin dibutuhkan.
 Peralatan untuk tas power bank surya (gambar: talk2myshirt.com)
   Panel surya yang digunakan lebih bagus yang berbahan semi fleksibel jika ukurannya 5W ke atas, namun jika di bawah 5W bisa menggunakan panel surya dengan papan pcb biasa agar terlihat tidak terlalu kaku. Langkah pertama tentu Anda mesti merobek kulit bahan tas terluar yang akan dipasang panel surya dengan ukuran yang sesuai dengan menggunakan gunting atau pisau cutter.
http://www.talk2myshirt.com/blog/image-upload/DIY_Solarbag/sb3.jpg
(gambar: talk2myshirt.com)
    Kemudian setelah itu sambungkan kabel dari panel surya ke modul kit power bank surya atau kit charger baterai lithium yang berada di dalam tas. Panel surya dipasang di bagian kulit tas yang sudah dilubangi sesuai ukuran panel kemudian dilem atau dipasang double tape yang kuat agar tidak goyang atau lepas.

http://www.talk2myshirt.com/blog/image-upload/DIY_Solarbag/sb9.jpg
(gambar: talk2myshirt.com)
http://www.talk2myshirt.com/blog/image-upload/DIY_Solarbag/sb12.jpg
(gambar: talk2myshirt.com)

http://www.talk2myshirt.com/blog/image-upload/DIY_Solarbag/make_your_own_solarbag.JPG
(gambar: talk2myshirt.com)
   Kabel listrik dari panel surya disolder langsung ke kit mesin power bank surya atau kit charger lithium yang berfungsi untuk mengisi ulang baterai power bank yang sekarang built in di dalam tas Anda. Jadi nanti untuk mencharger ponsel maupun gadget Anda yang lain Anda mengisi ulang lewat power bank surya yang berada di dalam tas Anda. Baterai power bank yang berada di dalam tas Anda pun masih dapat diisi ulang melalui power adaptor jaringan listrik biasa karena masih ada port micro usb dalam kit power bank surya tersebut. 

Selesai! Kini Anda bisa mulai menenteng tas power bank surya Anda untuk menemani di setiap aktivitas outdoor Anda. 
   
   Kami sendiri juga menjual modul-modul kit power bank surya di atas untuk merakit tas power bank Anda sendiri di toko online kami seperti di sini dan di sana.

Selamat berkreasi.
http://www.talk2myshirt.com/blog/image-upload/DIY_Solarbag/finished-solarbag.jpg
(gambar: talk2myshirt.com)

Share this article :

+ comments + 4 comments

20 May 2018 at 13:13

Panel surya semi flexible belinya dmn ya?

21 July 2018 at 17:34

di marketplace cuma agak langka di sini, rencana drsini mo coba impor dulu

13 February 2019 at 13:29

link beli nya dong

13 September 2021 at 18:48

Kami sedang merancang ransel yang dilengkapi dengan solar cell.... apakah kami bisa diskusi lebih detail..? kami bisa kontak kemana..?

Himawan
Hp/WA : 0812 813 2144

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HotSpot Murah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger