Home » » Mudah Membuat Voucher Prabayar Hotspot Dengan Unifi

Mudah Membuat Voucher Prabayar Hotspot Dengan Unifi

Written By Unknown on Monday 30 December 2013 | 08:36

Hotspot WiFi sekarang ini sudah menjadi hal yang umum di masyarakat, terutama di kota-kota besar yang mana hampir tiap pusat bisnis dan publik tersebar titik-titik hotspot yang gratis maupun berbayar untuk mengakses internet.

Unifi AP (UAP)
Maka untuk tutorial kali ini kami akan memberi contoh membuat portal hotspot beserta voucher prabayar untuk akses internet. Portal hotspot ini akan menggunakan Access Point Unifi sebagai AP hotspot dan memakai aplikasi Unifi Controller sebagai server hotspot. Alasan memakai Unifi karena sudah terintegrasi dengan aplikasi server hotspot. Berbeda dengan mikrotik yang banyak dipakai untuk server Hotspot, Unifi menawarkan kemudahan melalui web UI yang tidak terlalu butuh kemampuan teknis yang mumpuni untuk membuat sebuah portal hotspot dengan voucher prabayar.

Ada beberapa model AP Unifi, yang dipergunakan dalam hal ini adalah menggunakan Unifi AP standar (UAP) khusus pemakaian dalam ruangan (indoor) yang cocok dipasang di atas langit-langit atau dinding. Berbeda dengan model AP pada umumnya, untuk menkonfigurasikan Unifi AP ini tidak bisa langsung lewat browser dengan mengakses ip address Unifi tersebut. Khusus Unifi harus mengistall dulu perangkat lunak aplikasi Unifi Controller ke PC operator atau standalone server. Kelebihan perangkat lunak ini adalah untuk memudahkan manajemen AP di NOC dalam skala besar atau enterprise, karena memiliki berbagai macam fitur yang mumpuni untuk mengatur AP dan klien dengan sistem yang terintegrasi. Kemudian dianjurkan juga saat mengkonfigurasi Unifi, PC Anda sudah satu jaringan dengan Unifi AP dan Router untuk akses internet, dikarenakan secara default Unifi AP menggunakan IP DHCP. 

Setelah Unifi Controller sudah terpasang di PC, dan Unifi AP juga sudah aktifkan powernya, maka kita bisa langsung gunakan controller lewat browser seperti chrome atau firefox dengan menulis url: "https://ip_controler_pc:8443/manage" atau "https:/localhost:8443/manage". Setelah itu akan ada langkah-langkah konfigurasi awal seperti mengisi username dan password untuk mengakses aplikasi unifi ini dan SSID awal untuk Unifi AP. Setelah masuk ke Unifi Controller otomatis aplikasi ini akan mendeteksi AP Unifi yang berada dalam satu jaringan, kemudian meng"adopt" AP tersebut agar tersambung (status "connected")  dengan aplikasi Unifi Controller yang kemudian bisa dikonfigurasi. Anda bisa menaruh AP yang terdeteksi ke map atau peta yang sesuai untuk memudahkan monitoring di lapangan, mengatur manajemen bandwidth, serta para pengguna ("users" dan "guests").



Portal Hotspot Dan Voucher

(klik untuk memperbesar)

Untuk mengaktifkan portal hotspot sangat mudah di aplikasi unifi ini, Kita tinggal ke halaman "Settings" di menu paling bawah jendela browser. Kemudian ke "Wireless Network" lalu pilih SSID yang akan menggunakan portal Hotspot, centang kotak "Guest Policy" dan klik tombol "apply".

Setelah itu kembali ke menu "Settings", masuk ke "Guest Control" terus centang kotak "Enable Guest Portal", setelah itu bisa dipilih baris bawahnya model otentifikasi, apa tidak ada, password, Hotspot, atau portal external. Pilih Hotspot untuk mengaktifkan portal Hotspot dari Unifi Controller ini. Baris di bawahnya ada pilihan portal kostumisasi, bisa Anda pilih atau tidak, jika anda memang ingin merubah tampilan portal hotspot default Unifi Anda harus mengaktifkan pilihan ini. Untuk mode otentifikasi hotspot sendiri ada model voucher prabayar atau pembayaran via paypal. Untuk tutorial ini kami menggunakan metode voucher prabayar, setelah selesai klik tombol "apply".

Untuk mengatur manajemen Hotspot atau operator Hotspot, bisa klik url Hotspot Operator halaman di Guest portal ini atau langsung ketik url di browser "https://localhost:8443/hotspot".

Di menu Hotspot Operator atau Manager ini Anda bisa mengatur operator atau klien yang bisa mengakses internet dan juga membuat voucher prabayar dengan mudah. Cukup klik "create voucher" dengan terlebih dulu mengatur jangka waktu aktif pemakaian voucher. Voucher yang sudah dibuat juga bisa langsung diprint, kalau mau, Anda bisa mencetak voucher dengan design yang lebih menarik.

Mencetak Voucher
Pada tahap ini, selesai sudah langkah-langkah membuat portal hotspot prabayar dengan Unifi. Jika Anda menginkan mengganti design portal Hotspot Unifi anda bisa mengganti tampilan portal hotspot default "index.html" di folder unifi di PC Anda di subfolder Unifi "~/data/portal/". Berikut Di bawah ini adalah contoh screenshot portal hotspot Unifi modifikasi yang dilihat dari netbook, tablet atau smartphone saat browsing kali pertama setelah tersambung ke SSID yang diintegrasi dengan portal Hotspot Unifi.


Dengan voucher hotspot ini Anda bisa mulai menjual akses internet prabayar seperti di warnet, kost-kontrakan, pemukiman, apartemen, hotel, dan tempat-tempat wisata lainnnya.

Tambahan terbaru, Anda bisa memperbaharui atau mengkostumisasi paket voucher unifi controller bawaan versi 2.x.x dengan tambahan kuota serta kecepatan unduh dan unggah yang dikehendaki, serta hasil cetakan voucher prabayar yg diperbaharui seperti tampilan di bawah ini.

Voucher Prabayar
Data tambahan untuk kostumisasi selengkapnya bisa membaca forum unifi yang dilengkapi cara dan berkas yang dibutuhkan untuk mengganti bawaan standar versi unifi controller yang lama (versi 2.x.x). Intinya hanya mengganti tiga buah berkas yang asli yaitu "hotspot.jsp", "voucher.jsp", dan "unifi-hotspot.2.x.x.js" dengan versi gubahan yang telah dibuat komunitas forum unifi ubnt. Halaman tersebut bisa diakses di sini.

Sebenarnya paket voucher kostumisasi ini untuk versi terbaru unifi controller versi 3.x.x sudah dimasukkan sebagai fitur terbaru namun saat ini belum dirilis versi yang stabil karena masih dalam tahap beta. Untuk berkas kostumisasi khusus versi unifi controller 2.4.6 bisa diunduh di sini. Untuk mengubah tampilan lembaran voucher prabayar yang diinginkan, Anda harus merubah sendiri berkas "voucher.jsp" menggunakan aplikasi text atau web editor.

Informasi update terbaru dari produk Unifi, Unifi Controller sekarang sudah terdapat versi terbaru 4.7.5. Versi terbaru ini memiliki fitur yang lebih lengkap, salah satunya adalah fitur voucher dengan batasan kuota data, dan limit download-upload sudah tersedia, anda hanya cukup merubah tampilan cetkan voucher agar lebih menarik saja. Selain sudah terintegrasi dengan Unifi Security Gateway Unifi Switch dan Unifi VOIP yang merupakan produk enterprise lainnya. Selamat mencoba!


Share this article :

+ comments + 7 comments

11 September 2016 at 13:31

Nanya gan, kalo pake unifi controller ini si pc kudu on terus nggak?

30 October 2016 at 23:57

om mo tnya.punya sy unifi ud bsa d portal,tpi klo pc atau lptop mati..gk lma kemudian AP ny lsng baypass terhubung gk ad portal ny lg..ap hrus ad server y om

30 December 2016 at 06:44

Untuk informasi jika menggunakan portal hotspot memang sebaiknya software controller terinstal dalam server tersendiri, cukup dengan pc second atau mini pc seperti rapsbarry pi 3, terinstal ubuntu/debian server bisa dipasang unifi controller di dalamnya.

30 December 2016 at 06:46

atau jika ribet menginstal os linux di server tersendiri tinggal beli saja produk mini server unifi controller, yang produknya disebut "unifi Cloud Key" dengan port LAN dan sumber power dengan port mini usb

7 June 2017 at 14:29

tanya gan, kenapa ya klonya masuk melalui pc selalu disconnet. bagaimana cara menconnect kan nya? tetapi menggunakan aplikasi unifi di HP. Terkoneksi, apakah lebih gampang menggunakan aplikasi di handphone daripda di pc?

19 December 2017 at 09:02

linknya orror om pas di download..
ada link yang lain.?

27 July 2020 at 10:47

mim mau tanya, saya udah setup sesuai step ... tapi di client munculnya blank putih dan kadang seperti ini: Web page not available

The web page at https://192.168.1.4:8843/guest/s/4brtkkee/?ap=e0:63:da:6a:4c:a0&ec=Ilx591ceXYZ1q3O_E2vhYqJtYqwsMWC2GDG9a-J_cav1jzTGTIRUMbXfiPEfd2LPBM0YfcNndOzQJAOwiKaovKceI61qVFcFbzky02vJ6Msz9bRFtmNIx7W4xjzd7Y_zSxRSmhmKfOZTx5q_0vH66UVe-CakrEUXGOzAE26Z-DHKcljB4gH2x5IamXEH5Myy could not be loaded because:

net::ERR_TIMED_OUT"

itu kenapa ya min ? mohon bantuannya min ...


terima kasih ...

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HotSpot Murah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger