Home » » Bluelink BL-R38N, Home Router Ekonomis Yang Mumpuni

Bluelink BL-R38N, Home Router Ekonomis Yang Mumpuni

Written By Unknown on Saturday 26 January 2013 | 23:31

Kali ini Kami mencoba mengulas secara singkat sebuah produk router nirkabel WiFi, yaitu merk Bluelink dengan model BL-R38N. Saat ini Kami sudah memiliki beberapa unit yang digunakan di  tempat tinggal beberapa pelanggan rt/rw.net Kami.

Merk Bluelink kali pertama menarik perhatian Kami beberapa tahun lalu karena tertarik dari harganya  yang cenderung relatif murah di banding produk serupa merk lain, namun memiliki fitur sama bahkan lebih baik dari beberapa produk yang pernah kami gunakan sebelumnya. Produk Bluelink yang Kami gunakan kali pertama yaitu model AP-Router BL-R30G (standar IEEE 802.11b/g) yang sekarang sudah discontinued alias tidak diproduksi lagi. Hasil dari pengalaman Kami menggunakan produk tersebut cukup memuaskan, karena sampai saat ini masih ada beberapa pelanggan kami yang menggunakan router nirkabel ini di dalam ruangan maupun di luar ruangan semenjak tahun 2008, bahkan ada yang digunakan nonstop 24 jam dari dari semenjak dipakai kali pertama hingga sekarang.

Sekilas info yang kami peroleh, bahwa merk Bluelink ini sebenarnya adalah produk buatan China namun dirakit atau dipaket menggunakan merk lokal di Indonesia. Tempat resmi kantor penjualan maupun service center Bluelink juga ada di Jakarta, termasuk situs resmi Bluelink pun menggunakan server lokal di Indonesia dengan bahasa pengantar Bahasa Indonesia.

Produk-produk dari Bluelink juga mulai mengejutkan konsumen di Indonesia dengan mendapatkan penghargaan rekor MURI di tahun 2011 sebagai perangkat nirkabel WiFi seri N tercepat di Indonesia dengan menggunakan produk-produk perangkat WiFi generasi baru standar IEEE 802.11n yang diadu dengan beberapa merk vendor perangkat WiFi ternama yang juga dijual di Indonesia.

Kami juga sudah menggunakan beberapa perangkat IEEE 802.11n Bluelink generasi baru seperti router BL-R33N, BL-R31N dan terakhir yang paling banyak digunakan di pelanggan Kami adalah router BL-R38N.

Router Bluelink BL-R38N
Router BL-R38N ini adalah produk router nirkabel standar IEEE802.11n paling terbaru yang dikeluarkan oleh Bluelink. Berbeda dengan router model BL-R33N dan BL-R31N yang khusus  dirancang untuk kebutuhan router indoor atau dalam ruangan, model BL-R38N terbaru ini dirancang khusus bukan hanya untuk kebutuhan router di dalam ruangan namun juga untuk digunakan di outdoor atau luar ruangan seperti untuk receiver atau repeater hotspot agar bisa menerima di jarak yang jauh. Hal ini karena BL-R38N sudah didukung kemampuan POE (power over ethernet) dan heatsink untuk pendingin di board-nya agar mampu bekerja keras dalam waktu 24/7 nonstop.

Hasil pengalaman menggunakan produk ini di pelanggan Kami cukup memuaskan, karena cukup stabil dan awet walau digunakan nonstop, yang mulai dipakai sekitar akhir 2011 atau awal 2012 sampai sekarang.

Kelebihan Dan Kekurangan BL-R38N
Beberapa kelebihan dari router BL-R38N yang bisa Kami simpulkan selama menggunakan produk ini adalah sebagai berikut:
  • Harga cukup ekonomis berkisar Rp. 200.000,- hingga Rp. 250.000,- di pasaran.
  • Bentuk fisik cukup kecil, hingga mudah diletakkan dimana saja.
  • Fitur-fitur di dalamnya relatif cukup lengkap seperti mode AP-Client Bridge, Router, Repeater,  dan WDS, dan fitur-fitur pelengkap lainnnya.
  • Sensitivitas radio WiFi cukup baik, sehingga mampu memancarkan-menerima sinyal AP dengan baik.
  • Jarak efektif di luar ruangan sekitar >300m dengan antena standar 5 dBi (tanpa terhalang).
  • Mendukung POE (POE belum termasuk dalam paket).
  • Buku petunjuk sudah berbahasa Indonesia, sehingga mudah diikuti.
  • Pendingin heatsink di mainboard yang mendukung penggunaan nonstop 24/7 untuk pemasangan di dalam atau luar ruangan.
Selain kelebihan-kelebihan di atas ada beberapa kekurangan yang menurut Kami cukup sedikit mengurangi nilai plus dari router BL-R38N ini, yaitu:
  • Dukungan update firmware yang kurang dari pihak Bluelink, sehingga apabila ada kekurangan atau bug dari firmware terdahulu, Kami mesti mensiasati agar kinerja router tersebut berjalan baik.
  • Tidak dimasukkannya POE dalam paket produk ini, sehingga bagi pengguna hotspot atau rt/rw.net untuk penggunaan di luar ruangan mesti membeli produk POE terpisah.
Poin-poin di atas adalah hasil penilaian Kami selama menggunakan produk ini, sehingga Kami menilai router nirkabel Bluelink BL-R38N ini adalah produk yang Kami rekomendasikan untuk digunakan sebagai router rumahan atau SOHO dengan harga ekonomis. Untuk jumlah pengguna WiFi maksimal yang terhubung ke router ini Kami sarankan sekitar 10 klien, walaupun sebenarnya bisa lebih banyak namun tidak Kami sarankan. Kinerja router ini juga setara atau bahkan bisa lebih baik jika dibandingkan dengan beberapa merk vendor tertentu yang lebih terkenal dengan harga yang relatif sama atau jauh lebih mahal.

Itulah ulasan singkat Kami tentang router Bluelink BL-R38N dari hasil pengalaman Kami sendiri, semoga info tersebut bermanfaat bagi pembaca.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HotSpot Murah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger