Home » » Merakit Charger USB Ringkas Untuk Radio HT Walkie Talkie Tenaga Surya

Merakit Charger USB Ringkas Untuk Radio HT Walkie Talkie Tenaga Surya

Written By Unknown on Sunday 30 April 2017 | 14:13

Penulis akan melanjutkan lagi tutorial tentang aplikasi memanfaatkan sumber listrik dengan panel surya. Kali ini cara merakit charger USB yang langsung bisa mencharger baterai radio komunikasi seperti HT dan walkie talkie.

Seperti diketahui bahwasanya sekarang ini perangkat komunikasi mobile atau portabel sudah dilengkapi dengan baterai isi ulang yang umumnya menggunakan baterai lithium 3,7V, termasuk perangkat radio HT dan walkie talkie. Oleh karena itu dengan modul kit usb charger powerbank tenaga surya pada artikel sebelumnya kita bisa memodifikasi sedikit untuk disesuaikan dengan charger yang akan kita rancang buat.

Kenapa Anda membuat charger radio tenaga surya? Menurut penulis ada beberapa keuntungan, terutama jika Anda sedang beraktivitas di luar ruangan dalam jangka waktu yang lama, sehingga tidak memungkinkan mencharger dari sumber jaringan listrik umum (PLN), maka dengan charger ini Anda bisa langsung menggunakannya pada saat Anda tetap beraktivitas. Tapi memang charger tenaga surya tentu saja tidak berfungsi di malam hari. Yang kedua, umumnya charger radio menggunakan model dudukan berdiri (docking), tentu model ini tidak fleksibel untuk dibawa-bawa, maka dengan charger tenaga surya yang berbentuk ringkas, sangat fleksibel sehingga cocok untuk dibawa saat beraktivitas di lapangan.

Modul Charger USB Radio HT Tenaga Surya

Untuk merakit charger tenaga surya dibutuhkan beberapa komponen atau modul utama agar charger ini bisa bekerja dengan semestinya. Komponen tersebut adalah:

1. Panel Mini / Sel Surya
Anda butuh minimal 1 buah panel surya berukuran kecil (sel surya) agar mudah dibawa-bawa pada saat bepergian. Paling tidak harus memiliki output voltase 5-6V dengan arus di atas 100mA. Jika 1 panel/ sel surya arus listrik masih rendah, Anda bisa menggabung beberapa panel tersebut secara paralel untuk memperbesar arus output panel surya di terminal output (+) dan (-). Jika Anda menggunakan panel yang bervoltase di atas 6V seperti 12V, maka Anda perlu menambah modul regulator step down untuk menurunkan tegangan hingga 5V.

Namun Jika Anda sudah memiliki sel surya 5-6V maka modul regulator step down tidak diperlukan lagi.

2. Modul Charger Baterai Lithium 5V Mikro/Mini USB

Modul ini berfungsi untuk mengisi ulang baterai litihium yang ada di radio HT walkie talkie Anda sendiri. Inputnya bisa berupa sumber listrik dengan konektor mikro/mini usb ataupun terminal listrik (+) dan (-) yang bisa diambil dari sumber listrik alternatif seperti dari sel surya, dengan tegangan input 4-5V. Hanya bisa digunakan mencharger radio yang menggunakan baterai lithium 3,7V, selain itu tidak disarankan.
3. Dioda Schottky

Komponen dioda yang memiliki kutub anoda dan katoda ini berfungsi untuk penyearah arus listrik dari panel surya, dipasang dari terminal (+) dari panel surya. Jadi bisa berfungsi juga sebagai pengaman ketika sel surya tidak bisa menghasilkan daya pada malam hari, yaitu jika terdapat arus listrik yang mengalir dari sumber listrik ke konektor mikro/ mini USB maka arus listrik tersebut tertahan di dioda tersebut, tidak sampai ke panel surya. Besar rating arus dioda cukup 1-3A untuk panel surya ukuran mini dengan daya di bawah 5 watt.

Kutub anoda dan katoda tidak boleh terbalik pada saat pemasangan. Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat rangkaian charger secara keseluruhan.

4. Saklar On Off
Satu komponen yang tidak kalah penting saat merakit charger ini adalah sebuah saklar on-off untuk charger radio Anda. Saklar ini diletakkan posisinya di antara sel surya dengan modul mikro usb charger 5V. Berfungsi agar modul charger usb tidak menyala terus-menerus saat panel surya aktif menghasilkan listrik, sedangkan modul tidak tersambung ke baterai radio atau baterai sudah penuh.
Salah satu jenis saklar on-off
 5. Papan Charger Baterai Radio
Papan charger ini bisa dibuat dengan bahan plastik aklirik, dengan tebal 3-5mm. Papan charger ini berfungsi sebagai komponen yang langsung bersentuhan dengan baterai radio HT atau walkie talkie yang akan Anda isi ulang. Ukuran papan charger disesuaikan dengan ukuran badan baterai di radio. Bahan untuk di titik terminal (+) dan (-) bisa menggunakan mur dan baut, atau bahan logam konduktor lainnya. Sebelumnya papan sudah dilubangi terlebih dahulu untuk memasang mur baut.

(foto: fablab.ruc.dk)


Rangkaian Charger USB Radio HT Tenaga Surya
Jika Anda sudah memiliki komponen-komponen yang telah disebutkan di atas, maka Anda telah siap untuk merakit charger usb ringkas tenaga surya buatan Anda sendiri dengan skema rangkaian di bawah ini.


Jika arus dari 1 panel surya masih terasa kecil Anda bisa menambahkan panel surya lagi yang dirangkai paralel untuk memperbesar arus untuk mengisi ulang baterai radio. Anda bisa sedikit kreatif dengan menggunakan casing yang sesuai selera Anda untuk charger radio ini agar terlihat lebih menarik tentunya. 

(foto: fablab.ruc.dk)
Foto di atas adalah posisi papan charger saat mengisi ulang baterai radio yang tetap terpasang di badan radio HT walkie talkie tersebut.

Modul charger usb disarankan hanya diaktifkan on/ tersambung ke listrik, saat modul telah tersambung ke baterai radio. Setelah baterai penuh, modul micro usb dinonaktifkan off dulu, baru baterai radio dilepas dari charger.

Modul-modul untuk merakit charger radio tenaga surya tersebut tersedia di pasar online seperti situs tokopedia, bukalapak dan lainnya.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HotSpot Murah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger