Home » , » Ilmuwan MIT Mengajarkan Bakteri Membuat Bahan Bakar

Ilmuwan MIT Mengajarkan Bakteri Membuat Bahan Bakar

Written By the writer on Tuesday 21 August 2012 | 07:36


KBRN, Massachusetts : Sebuah bakteri tanah baik yang disebut Ralstonia eutropha memiliki kecenderungan alami, setiap kali ditekan, untuk berhenti tumbuh dan menaruh semua energinya untuk membuat senyawa karbon yang kompleks.
Dengan kemampuan tersebut, sekarang ilmuwan di MIT telah mengajarkan mikroba ini trik baru: mereka bermain-main dengan gen untuk membujuk bakteri itu membuat bahan bakar - khususnya, jenis alkohol yang disebut isobutanol yang bisa langsung menggantikan, atau dicampur dengan bensin.
Christopher Brigham, ilmuwan riset di departemen biologi MIT yang mengembangkan bakteri buatan ini, saat ini sedang berusaha membuat organisme ini menggunakan aliran karbon dioksida sebagai sumber karbon, sehingga bisa digunakan untuk membuat bahan bakar emisi, sebagaimana dikutip dari Science Newsline, Selasa (21/8).
Brigham menjelaskan dalam keadaan normal, ketika sumber nutrisi penting mikroba (seperti nitrat atau fosfat) dibatasi, "ia akan masuk ke modus penyimpanan-karbon," yang pada dasarnya menyimpan makanan untuk digunakan nanti ketika terjadi keterbatasan sumber daya.
"Apa yang dilakukannya adalah mengambil karbon yang tersedia, dan menyimpannya dalam bentuk polimer, yang propertinya mirip dengan kebanyakan bahan plastik yang berbasis minyak bumi," kata Brigham. Dengan menghilangkan beberapa gen, memasukkan gen dari organisme lain, dan bermain-main dengan ekspresi gen lainnya, Brigham dan rekan-rekannya mampu mengarahkan mikroba untuk membuat bahan bakar, bukan plastik. (NGH/Science Newsline)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HotSpot Murah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger