Home » , » DNA Sanggup Simpan 5,5 Petabit Data, Rekor Penyimpanan Terbesar

DNA Sanggup Simpan 5,5 Petabit Data, Rekor Penyimpanan Terbesar

Written By the writer on Monday 20 August 2012 | 18:38

KBRN, Harvard : Ahli biologi dan genetis di Harvard Wyss Institute berhasil menyimpan 5,5 petabit data - atau sekitar 700 TB - ke dalam satu gram DNA, menyapu bersih rekor penyimpanan data dalam DNA ratusan kali lebih besar.

Studi yang dikemukakan George Church dan Sri Kosuri, pada dasarnya meletakkan DNA sebagai bentuk lain alat penyimpanan. Bukannya mengkodekan data biner ke dalam wilayah magnetis di plat hard drive, untaian DNA yang menyimpan 96 bit disintesa, dengan masing-masing basis DNA (TGAC) yang mewakili nilai biner (T dan G=1, A dan C=0).

Cara membaca data yang tersimpan dalam DNA, tinggal mengurutkannya - sama seperti mengurutkan gen pada manusia - dan kemudian mengkonversi basis TGAC tersebut menjadi biner kembali, sebagaimana dikutip dari Extremetech.com, Senin (20/8).

Para ilmuwan telah mengamati DNA sebagai media penyimpanan potensial untuk waktu yang cukup lama, karena tiga alasan yang sangat bagus: Ini sangat padat (Anda dapat menyimpan satu bit per basis yang hanya beberapa atom besarnya), bersifat volumetrik bukan planar (hard disk), dan yang ketiga, sangat stabil -sementara yang lainnyaperlu disimpan di bawah titik nol dan ruang hampa, DNA dapat bertahan selama ratusan ribu tahun di dalam kotak garasi Anda. (NGH/Extremetech.com)


Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HotSpot Murah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger