Home » » Login Hotspot Dengan Media Sosial Berbasis Unifi Access Point

Login Hotspot Dengan Media Sosial Berbasis Unifi Access Point

Written By Unknown on Thursday 1 September 2016 | 15:12

Anda sudah pernah atau bahkan sering mengakses internet via hotspot wifi? Jika sudah, biasanya portal hotspot akan meminta Anda memasukkan nama user, sandi atau kode voucher prabayar untuk bisa mengakses internet. Untuk Free wifi umumnya juga anda hanya diminta memasukkan sandi sederhana atau hanya mengklik ikon login saja. Sekarang ini dengan berkembangnya situs media sosial seperti facebook, twitter, dan lain-lain, maka kita lihat mulai bermunculan portal hotspot khususnya untuk akses internet wifi gratis di ruang publik dengan cara login via akun media sosial yang pelanggan miliki.

Maka kali ini kami akan membahas tutorial secara singkat bagaimana Anda bisa membangun sendiri portal hotspot wifi dengan menggunakan perangkat Unifi Access Point (AP). Perlu diketahui sebenarnya ada beberapa cara untuk bisa membuat portal hotspot dengan login media sosial. Paling tidak ada tiga cara untuk membangunnya; pertama yang paling mudah adalah membeli perangkat router wireless atau access point yang firmwarenya sudah terintegrasi portal hotspot dengan media sosial. Biasanya perangkat router model terbaru dengan harga yang relatif lebih mahal dari router wireless biasa. Kedua menggunakan cloud server portal hotspot yang disediakan pihak ke tiga, bisa gratis atau berbayar, umumnya juga perangkat-perangkat wireless tertentu yang didukung. Yang ketiga adalah menggunakan firmware atau perangkat lunak gratis atau berbayar pihak ketiga yang mendukung portal hotspot dengan login media sosial, menggunakan perangkat router atau AP yang sudah mendukung portal hotspot. Yang ke empat, Anda membuat portal hotspot dengan kostumisasi sendiri yang mendukung login media sosial, tentu dengan dasar bahasa pemrograman berbasis web yang Anda ketahui.

Yang akan kami tulis di sini adalah cara ketiga dengan menggunakan AP Unifi yang memang sudah mendukung portal hotspot, dengan tambahan perangkat lunak manajemen unifispot (poppet) yang sudah disediakan unifispot.com bersifat open source sehingga dapat diunduh, digunakan, dimodifikasi secara bebas. Perangkat lunak manajemen hotspot poppet ini untuk mengintegrasikannya dengan Unifi AP, tapi menurut pengembang unifispot, ke depan nanti juga akan juga mendukung perangkat router mikrotik.

Unifispot atau disebut poppet perlu diinstalasi terlebih dahulu di pc atau server berbasis os linux seperti os debian atau ubuntu sebagai server portal hotspot, karena sementara belum mendukung os lain. Perlu diperhatikan pula instalasi poppet ini juga disarankan harus dalam satu pc/ server yang sama dengan instalasi perangkat lunak Unifi Controller untuk bisa terintegrasi dengan baik. Pastikan pc atau server Anda sudah terinstal Unifi Controller dan sudah mengkonfigurasi AP Unifi yang dipakai, Anda bisa melihat di artikel "Mudah Membuat Voucher Prabayar Hotspot Dengan Unifi" untuk membuat portal hotspot di Unifi Controller.

Jika sudah masuk ke server linux, Anda tinggal ketik perintah untuk mngunduh dan menginstalasi poppet dari unifispot.com dengan cara:
Untuk OS 64 bit
wget http://download.unifispot.com/latest_amd64.deb
sudo dpkg -i latest_amd64.deb
sudo apt-get update
sudo apt-get install -f
Untuk OS 32 bit
wget http://download.unifispot.com/latest_i386.deb
sudo dpkg -i latest_i386.deb
sudo apt-get update
sudo apt-get install -f
Perintah di atas adalah untuk mengunduh file poppet, mengupdate paket serta paket dependency-nya kemudian terakhir menginstalnya ke pc/ server. kemudian setting ip address server Anda, jika sudah saatnya Anda masuk ke aplikasi poppet lewat pc operator via browser seperti mengkonfigurasi Unifi Controller. Berikut langkah-langkahnya:

1. Login via browser ke alamat ip/ url server poppet Anda, username awal admin@admin.com dan passwordnya adalah password. Kemudian pilih tab menu "settings" untuk memasukkan alamat, port username dan password unifi controller yang akan diintegrasikan.

klik untuk perbesar
2. Masuk ke menu tab "Clients" dan tambah nama klien baru, seperti gambar di bawah

klik untuk perbesar (unifispot.com)
3. Setelah menambah klien lalu buat site baru anda tampilan layar dekat pojok kanan atas "add new site" untuk memulai konfigurasi awal site baru, untuk klien yang baru dibuat.

klik untuk perbesar (unifispot.com)
4. Setelah itu muncul tampilan konfigurasi dalam beberapa langkah. Pilih nama klien, pilih nama site sesuai nama site yang ada di Unifi Controller Anda. Dan pastikan zona waktu Anda tepat.

klik untuk perbesar (unifispot.com)
5. Ikuti langkah isian berikutnya, semuanya ada 8 langkah konfigurasi. Untuk langkah berikutnya silakan simak gambar di bawah ini. Untuk catatan pada langkah isian kedua dan langkah ketiga untuk login dengan facebook sementara tidak dicentang atau dikosongkan dahulu, karena Anda harus membuat aplikasi login facbook di halaman developer facebook.

klik untuk perbesar (unifispot.com)
6. Setelah 8 langkah selesai kini Anda tinggal masuk ke Unifi Controller untuk mengkonfigurasi Guest Portal di tab menu "setting->guest control" di nama site yang sudah diset sama dengan yang ada di poppet unifispot.

klik untuk perbesar (unifispot.com)
Terakhir jika Anda ingin mengganti tampilan template portal hotspot yang disediakan oleh unifispot Anda tinggal ke menu tab "landing page". Di sana Anda bisa mengganti tampilan logo, latar belakang dan warna teks, memang cukup sederhana. Jika Anda ingin merubah tampilan toal maka Anda bisa mengedit file original yang bisa anda tanyakan di komunitas unifispot discuss.unifispot.com.

Jika tidak ada kendala, coba smartphone atau laptop wifi Anda sambungkan ke ssid Unifi AP yang sudah diset portal hotspotnya ke poppet unifispot. Jika berhasil akan muncul login hotspot via email, nomor telpon dan voucher atau seperti yang sudah Anda pilih metode login sebelumnya di poppet.


Share this article :

+ comments + 2 comments

12 August 2017 at 19:26

please post link download

11 August 2018 at 22:50

gambarnya gak tampil, boleh kirim email gambarnya ke ikasahara.is@gmail.com?

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HotSpot Murah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger